Base Camp km 35 di tahun 2009 dan 2019

Ini lokasi base camp km 35 tahun 2009 dan 2019.


2009

Difoto pakai balon udara helium. Waktu itu belum ada menara BTS. Kalau mau menelpon harus ke km 17 atau ke logpond. Waktu tempuh sekitar 45 menit ke logpond.

Itu pun sinyalnya GSM. Belum HSDPA. Jadi cuma bisa SMS dan menelepon. Biasanya berangkat malam jam 6. Selesai makan malam. Titik kumpul di Gazebo. Waktu itu gazebo juga jadi tempat ngobrol yang asyik waktu malam. Kalau udara terasa sejuk dan angin berhembus, satu persatu personil pamit dari gazebo.

Sore hari selesai jam kerja biasa latihan bulu tangkis di lapangan depan mess. Ada dua lapangan. Kalau angin kencang atau hujan berhenti dulu. Menunggu sampai reda. Pernah nggak diteruskan karena anginnya terlalu kencang.

2019
Difoto pakai drone. Sudah ada menara BTS. Bisa buat telepon dan komunikasi data. Bisa internetan. Bergaul di sosial media. Update status, ngeblog. Berbagi informasi terkini.

Di sisi lain, gazebo habis maghrib mulai sepi. Jarang lagi kumpul-kumpul selesai makan malam. Masing-masing asyik dengan gawainya. Di kamar.

Kalau mau bulu tangkis di GOR. Lapangannya dwi fungsi. Bisa buat futsal dan bulu tangkis. Lumayan jaraknya dari mess. Bisa buat pemanasan kalau ke GOR jalan kaki.

Beberapa karyawan sudah pakai sepeda motor. Terutama yang punya rumah di Nanga Pinoh. Untuk antar jemput anak ke sekolah. Sholat jamaah di masjid. Atau olahraga ke GOR. Juga perjalanan dari base camp ke  Nanga Pinoh PP.

Satu dekade. Ada yang tetap. Ada yang berubah. Begitu cepat waktu berjalan.

2 pemikiran pada “Base Camp km 35 di tahun 2009 dan 2019

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s