Puasa Internet

Selama tiga hari pelatihan Dendrologi di camp Litbang dan Lingkungan km 54, dua hari saya puasa akses internet. Benar-benar stop browsing, chatting dan update status. Fokus belajar dan praktek ilmu pengenalan jenis tumbuhan dan pohon.

Meski hanya berjarak 19 km dari base camp, akses internet belum sampai ke sana. Yang bisa hanya akses SMS dan telepon di tempat tertentu. Itu pun harus menggunakan hp jadul. Bukan hp smartphone.

Hari pertama terasa berat. Masih adaptasi. Tiap pagi biasa buka wa dan liat informasi terbaru. Jawab atau komen di whatsapp. Karena nggak ada akses internet, nggak bisa lagi merespon. Tapi malah ada hikmahnya. Saya punya kesempatan baca-baca info dan chat di whatsapp yang selama ini nggak  tersentuh.

Hari kedua dan ketiga sudah mulai terbiasa nggak buka hp. Jadi waktu yang ada ya buat training. Dengerin tentor di ruangan dan ke lapangan. Pulangnya istirahat. Atau nonton tivi. Juga ngobrol. Bertatap muka. Bukan ngobrol yang dikit-dikit liat notifikasi. Benar-benar bebas suara hp.

Setelah ikut training dan puasa akses internet, ada efeknya. Waktu pulang ke base camp, saya lebih bisa mengendalikan diri untuk nggak cepat-cepat respon atau liat notifikasi. Lebih rileks, nggak buru-buru pengin jawab atau komen lagi. Ada jeda waktu. Yang bisa saya gunakan lebih banyak buat kegiatan offline. Dan yang saya rasakan, hati jadi lebih tenang. Ayem.

Saya berpikir, sesekali kita perlu rehat sejenak dari akses internet. Sehari puasa dari scroll-scroll dan klik-klik. Apalagi membaca sampai rinci isi chat yang panjang. Dan pengin banget komen.  Atau unggah foto kegiatan yang sedang dilakukan.

Sebagai gantinya, waktu bisa digunakan fokus buat kegiatan yang bukan online.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s