Tugas Dadakan

Beberapa kali saya dapat tugas dadakan yang berkaitan dengan public speaking. Berbicara di depan orang banyak. Pernah waktu malam Jumat, ada teman yang WA saya.

“Besok mohon bisa gantikan saya tugas jadi imam dan khotib sholat Jumat ya, Pak”.

Pesannya baru saya balas paginya. “Ya, Insyaa Allah saya siap”.  Dan pagi itu saya siapkan materi yang akan disampaikan saat khotbah Jumat.

Pernah juga waktu acara peringatan Maulid Nabi Muhammad, teman yang mewakili pimpinan perusahaan tidak bisa berikan sambutan. Karena saat yang sama ada kunjungan tamu dari kecamatan. Agendanya pertandingan bulutangkis persahabatan. Waktu kegiatan bersamaan dengan maulid nabi.

Akhirnya teman tersebut telpon saya minta tugasnya digantikan saya. Saya pun mengiyakan karena pas nggak ada acara dan juga akan hadir di acara Maulid. Yang terbaru, dua hari lalu. Saat acara peringatan Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional. Yang acaranya disatukan di hari yang sama. Karena sudah dekat dengan ujian.

Saya baru tahu dikasih tugas sebagai pembaca doa ketika acara berlangsung. Kalau pemberitahuannya mendadak gini, saya ambil sikap tenang. Maju ke panggung, memberikan uluk salam.

Kemudian mulai berdoa dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Sudah nggak sempat lagi nyiapkan konsep doa. Untungnya setiap habis sholat saya selalu berdoa. Yang kadang-kadang dengan suara pelan. Di lain waktu dengan suara agak keras waktu jadi imam.

Nggak semua permintaan tugas dadakan itu saya penuhi. Pernah juga saya tolak.  Karena saat yang sama saya sedang mendampingi tamu perusahaan.

Semua kegiatan memang seharusnya direncanakan. Tapi terkadang ada tugas dadakan yang kita harus siap mengerjakannnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s