Kopdar Setelah Kenalan di Blog

Berawal dari seringnya saya membaca postingan di blog https://madeandi.com/.  Postingan dosen Fakultas Teknik Geodesi yang juga Kepala Kantor Urusan Internasional UGM.  I Made Andi Arsana, Ph.D.

Pernah juga saya komen di salah satu postingannya. Kemudian kenalan dan berharap satu saat bisa kopdar di Jogja. Ternyata, dibalas dengan antusias.

“Nanti kalau mau ke Jogja, kabari via email ya”katanya.

Bulan Desember tahun 2018 lalu alhamdulillah, saya ada kesempatan ke Jogja. Nengok anak sulung yang kuliah di sana. Sekalian silaturahmi ke bapak dan ibu mertua. Sebelum ke Jogja, saya ke Semarang dulu menemui orangtua.

Saya pun kirim email ke mas Andi. Memberitahukan mau ke Jogja dan bertanya kapan bisa menemuinya. Tanggalnya pun ditentukan.  28 Desember. Setelah  sampai Jogja, kami pun intensif berkomunikasi via whatsapp.

Rencana mau kopdar jam 9 pagi. Ternyata waktu itu mas Andi sedang rapat di Gedung Pusat. Kondisi saya pun nggak fit. Sampai mas Andi bilang, “Nggak usah dipaksakan Pak kalau sedang sakit”.

Tapi karena sudah janji, saya berusaha tetap datang dan menemui mas Andi setelah jam 10 siang.

Akhirnya kopdar pun terlaksana. Setelah ngobrol di Gedung Pusat, saya diajak ke kantornya di dekat masjid Kampus. Ditraktir makan siang juga. Gudeg Jogja. Enak sekali rasanya. Dalam perjalanan dari Gedung Pusat ke kantornya, dia pun tanya apa yang bikin saya tertarik kopdar.

Terus saya jelaskan awalnya saya nggak sengaja menemukan blog itu. Setelah saya baca kok tulisannya menarik. Mudah dipahami orang awam meskipun yang menulis seorang dosen. Bergelar Ph.D. Lulusan S2 dan S3 dari Australia. Nggak banyak dosen yang ngeblog. Apalagi dosen yang punya keahlian dalam ilmu batas maritim rajin menulis di blog dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Akhirnya, mas Andi pun buka rahasia. Sebenarnya saya bisa seperti itu karena sejak lama saya punya kebiasaan bercerita kepada kedua orangtua, terutama ibu. Saya harus bisa bercerita tentang istilah istilah teknis dengan bahasa yang mudah dipahami. Dan kebiasaan itu akhirnya terbawa ketika menulis.

Obrolan pun berakhir ketika terdengar suara adzan sholat Jumat. Saya pun pamit dan minta ijin foto di kantornya. Dan di luar dugaan, dia sendiri yang mengantar saya dengan mobilnya sampai masjid Kampus UGM.

Terima kasih mas Andi atas waktunya juga obrolannya yang berbobot dan mencerahkan saya.

 

2 pemikiran pada “Kopdar Setelah Kenalan di Blog

  1. Memang sedikit dosen yang ngeblog. Bukankah seharusnya dosen kudu banyak menulis? Apa salahnya dibagi di blog juga seperti bli Andi ini. Salut.

    Kalau saya suka membaca tulisan Rinaldi Munir dosen ITB yang juga rajin ngeblog.

    Semoga ramadhan ini penuh barokah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s