Siap-siap Mudik Lebaran

Bagi yang mau mudik lebaran, banyak persiapan yang dilakukan. Beli tiket pergi pulang, cemilan selama di perjalanan, angpao buat kerabat keluarga. Dan satu lagi, transportasi selama di kampung halaman.

Ini yang saya juga bicarakan sama keluarga. Mudik ke Semarang dan Jogja. Gimana nanti kendaraan buat silaturahmi, jalan-jalan dan wisata? Memang sih ada kendaraan orang tua juga mertua, tapi kok kayaknya nggak enak ya setiap kali mau pergi pinjam kendaraan.

Bisa juga naik taksi online. Tapi jangkauannya terbatas. Ada tempat tertentu yang taksi online bisa antar, tapi waktu mau baliknya nggak mudah carinya. Kecuali sudah janjian sama drivernya.

Cari-cari info rental mobil di internet. Tanya-tanya juga berapa sewanya. Nggak langsung deal. Karena pas tanggal 6-8 Juni banyak yang sudah terjadwal. Ada juga yang masih belum terjadwal, tapi mintanya 5 hari. Per hari 500 ribu, lepas kunci alias nggak pakai sopir. Wah, belum cocok sama rencana karena kami pakai tiga hari saja.

Belum dapat mobil rental juga, akhirnya saya cerita di grup WA keluarga istri. Saya susun rencana selama di Jogja. Dari tanggal 5 – 10 Juni. Dan saya juga bilang kalau lagi cari mobil rental.

Gayung pun bersambut. Adik ipar yang tinggal di Jakarta minta saya supaya hubungi nomor teman SMPnya. Yang punya usaha rental mobil. Langsung saya hubungi dan diminta tunggu. Setelah ada jawaban, ternyata pada tanggal itu mobil rentalnya sudah terjadwal juga. Saya malah disuruh lagi hubungi nomor temannya. Temannya teman SMP adik ipar.

Adik ipar yang tinggal di Jogja juga ngasih tawaran. Ada temannya yang rental mobil. Lewat istri dia ngasih nomor WA suami temannya. Saya coba hubungi dia apa bisa rental pada tanggal tersebut. Diminta menunggu sebentar dan dia bilang kalao lebaran harga rental mobil naik. Jadi 450 ribu per hari untuk lepas kunci.

Nggak banyak mikir, saya terima tawarannya. Deal di hari Sabtu dan saya diminta konfirmasi sekalian transfer dananya pada hari Senin. Bukti transfer saya kirim ke dia dan sekalian jawab pertanyaannya kemana mobil mau diantar.

Saya bilang supaya diantar ke rumah mertua di Pringwulung Sleman. Alhamdulillah. Urusan mobil rental sudah beres. Semoga pada hari H nanti lancar. Dari pengalaman cari mobil rental itu, saya pun jadi tahu dan rasakan gimana sibuknya orang yang mudik.

Perlu persiapan yang matang. Siapkan tiket perjalanan pergi pulangnya, akomodasi, bekal di perjalanan, apa yang harus dilakukan setelah sampai di tempat yang dituju, mau wisata atau jalan-jalan ke mana saja semua harus disiapkan.

4 pemikiran pada “Siap-siap Mudik Lebaran

  1. Gimana repotnya mudik bawa keluarga, bawa mobil sendiri ke Sumatera sana. Saya liat saudara saya banyak yang kurang tidur karena nyupir berhari-hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s