Pengalaman Pertama Naik Bis DAMRI Limusin Pontianak – Nanga Pinoh

Tertarik naik bis ini ketika lihat banner yang ada di Kantor DAMRI Pontianak di jalan Pahlawan. Cuma waktu itu, rute yang dilayani baru Pontianak – Sintang PP. Rute Pontianak – Nanga Pinoh PP belum ada.

Keinginan itu akhirnya terpenuhi juga. Tanggal 13 Juli 2019 saya naik bis ini dari Pontianak ke Nanga Pinoh. Berangkatnya dari Terminal Antar Negara Ambawang jam 19.30. Kalau bis DAMRI lainnya yang tipe Royal dan Legacy berangkat duluan. Jam 19.00.

Pesan tiketnya bisa lewat Whatsapp (WA). Setelah dapat nomor kursi, saya ambil print out tiketnya di kantor DAMRI. Rute Pontianak – Nanga Pinoh tarifnya 210 ribu per orang.

Fasilitasnya itu lho yang bikin saya penasaran. Ada WiFi, LCD Monitor di tiap kursi. Bisa buat dengerin musik atau nonton fim. Tapi harus pakai headset. Toilet.  Tempat pengisian batere HP.

Dikasih juga bantal leher dan selimut. Snack dan air mineral dalam kotak. Tambahan lain penumpang ditawari minum teh atau kopi hangat. Yang diambilkan pramugaranya. Saya pilih teh hangat saja. Isinya setengah cup. Kalau penuh khawatir tumpah kali ya kena bis yang bergoyang 🙂

Sebelum berangkat, driver yang berbaju putih lengan pendek pakai dasi menjelaskan fasilitas di bis. Juga waktu tempuh perjalanan, berapa jarak tempuh dan perkiraan jam berapa sampai di Nanga Pinoh. Termasuk singgah dan istirahat di rumah makan di Sosok. Waktunya 30 menit. Kalau penumpang minta tambahan waktu bisa menghubungi kru.

Waktu saya naik bis itu, dari kapasitas 21 kursi yang terisi 14 kursi. Saya pilih kursi tunggal. Nomor 7.

Waktu akan sampai di Nanga Pinoh, penumpang juga ditawari handuk dingin untuk membersihkan wajah. Ada yang ambil handuk itu ada juga yang tidak. Saya ambil handuk yang ditawarkan pramugara. Setelah selesai dipakai, pramugara mengambil lagi handuk-handuknya. Bis tiba di  Nanga Pinoh sekitar jam 4 pagi. Dan tak lama kemudian terdengar adzan subuh dari mushola di terminal.

Oya, AC di bis ini cukup dingin. Jadi yang mau naik siap-siap pakai sweater atau jaket yaa 🙂

2 pemikiran pada “Pengalaman Pertama Naik Bis DAMRI Limusin Pontianak – Nanga Pinoh

  1. Semakin baik pelayanannya makin banyak yang naik, Insya Allah. Harusnya perusahaan negara macam Damri ini lebih maju dari swasta, karena difasilitasi negara.

    1. Betul…Damri juga punya data base penumpang…alangkah bagusnya jika mereka yg sering naik damri diberikan apresiasi…misalkan yg naik 10 kali gratis tiket 1 kali…atau pas ultah damri penumpang secara acak dikasih topi atau.t-shirt….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s