Sedekah Buku

Alhamdulillah, sebagian buku-buku di rumah akhirnya bisa disumbangkan. Awalnya saya diprotes istri karena koleksi buku-buku di rumah bertumpuk. Rak-rak buku di rumah sudah tidak bisa memuat lagi untuk diisi buku bacaan. Bahkan beberapa buku terpaksa disimpan di kotak kardus. Diletakkan di kamar tidur saya.

Sempat terpikir ingin membuka taman bacaan atau perpustakaan pribadi tapi belum ada kesempatan untuk memilah buku sesuai kategorinya. Juga mencari lokasinya.

Akhirnya ide itu datang juga ketika saya membaca postingan di grup WhatsApp Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Kalimantan Barat (KAGAMA KALBAR). Salah satu postingan berisi foto Komunitas Baca Tepi Kapuas. Yang juga tercantum nomor telepon nara hubungnya.

Sebuah komunitas yang digagas untuk menyediakan buku-buku yang dibaca gratis di lokasi tepi sungai Kapuas. Jadwal baca buku gratis seminggu sekali. Setiap Ahad sore. Personilnya para sukarelawan yang tertarik dengan dunia literasi. Salah satunya Agus Kusmawanto yang juga adik angkatan kuliah di Fakultas Kehutanan UGM. Angkatan 2010. Berasal dari Cilacap. Bekerja di Badan Restorasi Gambut (BRG).

Saya hubungi dia dan mengajak bertemu di rumah. Sekalian berkenalan dan saya sampaikan maksud untuk menyumbangkan buku-buku. Untuk komunitas tepian Kapuas. Mumpung saya sedang di Pontianak.

Tanggal 10 Oktober pukul 17.00 kami sepakat bertemu. Dia datang ke rumah bersama temannya, Ibo. Mengendarai dua motor. Setelah sampai rumah, kami pun berkenalan. Saya bawakan koleksi buku-buku yang akan disumbangkan. Sebagian besar berupa novel karangan S. Mara. Gd. Novel yang sudah saya koleksi sejak SMA. Buku lainnya berupa buku manajemen, buku agama dan komik untuk anak-anak.

Saat terdengar suara azan, Agus dan Ibo berpamitan. Juga tidak lupa menawarkan ke saya untuk datang ke lapak baca gratisnya.

Saya salut dengan mereka. Di usia muda sudah punya komitmen mulia. Menjadi sukarelawan. Mengumpulkan buku-buku dan membuka lapak baca gratis untuk warga masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s