Reuni Sambil Berwisata

Reuni 3o tahun dengan teman-teman kuliah angkatan 1989 Fakultas Kehutanan UGM itu akhirnya tidak bisa saya ikuti. Karena saya dan teman-teman di camp sedang mempersiapkan untuk kegiatan sertifikasi pengelolaan hutan pada akhir bulan Oktober.

Acara reuni diadakan di Jogja tanggal 19-20 Oktober yang lalu. Melihat foto-foto kegiatannya, ada rasa penyesalan muncul di hati. Kenapa saya tidak berada di sana bersama teman-teman?

Diawali dengan acara di fakultas. Sebagian teman-teman yang setelah lulus belum pernah bertemu, pada saat itu berkumpul kembali. Dari 126 orang teman seangkatan yang hadir reuni 60 orang. Berfoto di ruang dekan yang juga angkatan 1989, Doktor Budiadi, ahli Agroforestry lulusan Jepang. Malam sebelumnya, teman-teman yang sudah datang bertemu di acara ramah tamah di fakultas, bergabung dengan kakak dan adik angkatannya.

Pagi harinya dengan menggunakan kaos dan rompi yang seragam, mereka berfoto di depan fakultas yang papan plang penandanya sudah direnovasi. Diganti dengan latar belakang gelondongan kayu yang dipotong-potong dan di depannya bertuliskan Fakultas Kehutanan UGM. Setelah itu mereka berfoto di depan Gedung Pusat.

Acara dilanjutkan dengan perjalanan ke hutan pendidikan Wanagama. Proses napak tilas mengenang kembali masa-masa ketika kami pada tahun 1989 belajar bagaimana menghijaukan daerah yang awalnya gersang.

Setelah itu, lokasi berikutnya yang dikunjungi adalah tempat wisata Tebing Breksi. Panorama di sore hari menjelang senja cukup bagus dinikmati. Selesai dari Tebing Breksi, peserta reuni diajak menikmati makanan khas Jogja, gudeg Yu Jum, di sekitar lokasi Tebing Breksi.

Pengaturan acara reuni memang profesional. Teman-teman yang tinggal di Jogja membentuk panitia. Anggotanya Budiadi, Joko “Kempong” Sulistyo, Joko “Kepek” Supriyadi, Darul Falah, Liliek Harijanto, Setiaji Heri Saputro, Anik Sulistyawati dan Israr Ardiansyah. Saat rapat beberapa kali membahas persiapan reuni, pak dekan menyediakan ruang kerjanya.

Untuk akomodasi, ketua panitia yang juga kami biasa menyebutnya kepala suku angkatan ’89, Israr Ardiansyah, menyediakan rumahnya yang biasanya digunakan sebagai home stay untuk dijadikan menginap teman-teman dari luar Jogja. Gratis. Luar biasa semangatnya untuk membantu teman-teman. Semua peserta puas dengan jadwal acara dan pelayanannya.

Karena puas dan berkesan, bahkan teman-teman yang datang dari Pekanbaru, Medan, Sumba, Jambi, Lampung menginginkan agar reuni seperti ini bisa diadakan lagi. Bisa di tempat yang berbeda atau di tempat yang sama, sekaligus untuk menengok keluarga atau anak-anaknya yang kuliah di Jogja.

2 pemikiran pada “Reuni Sambil Berwisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s