1 Bulan Minimal Baca 1 Buku

Di awal tahun 2020 ini sudah dua buku yang saya baca. Bulan Januari lalu saya baca buku yang judulnya Nadiem Makarim. Kisah kehidupan penemu aplikasi Gocar yang fenomenal itu.

Ternyata ide munculnya aplikasi itu ketika dia sering ngobrol dengan para pengemudi ojek pangkalan yang sering lama menunggu penumpang.

Di sisi lain, Nadiem yang ketika itu bekerja di lembaga konsultan sering naik ojek supaya cepat sampai ke kantornya. Namun, dia kesulitan mencari ojek dan harus jalan kaki ke pangkalan ojek.

Buku kedua yang saya baca Bangkit dari Titik Minus tulisan Saptuari Sugiarto. Kisah jatuh bangun orang-orang yang terjerat utang dan akhirnya bisa melunasi utang-utangnya. Kalau buku yang pertama tadi saya beli di Gramedia, buku kedua ini saya beli online.

Alhamdulillah, bukunya sudah selesai saya baca di bulan Pebruari. Target sementara ini tercapai. Dua bulan baca dua buku. Well done. .. Semangat.

Buku-buku berikutnya yang saya baca ada tiga. Temanya tentang self development atau pengembangan pribadi dan keuangan. Tulisan Yodhia Antariksa. Buku-buku itu saya beli online.

Kebetulan lagi promosi. Harganya hanya 145 ribu untuk satu paket isi tiga buku. Satu buku isinya sekitar 200 halaman. Free ongkir lho.

Bukunya sudah datang. Alhamdulillah buku yang judulnya Change Your Habits, Change Your Life mulai saya baca. Isinya bagus banget.

Intinya kalau kita mau ubah kebiasaan itu mulaj dari target yang kecil dan mudah dulu. Small and tiny step. Jangan punya target yang muluk-muluk untuk mulai kebiasaan baru.

Misalnya kita ingin punya kebiasaan baca buku. Mulai baca 1 halaman saja sehari. Sehari sehalaman tapi rutin. Tetapkan waktunya kapan.

Misal jam 19.30 setelah makan malam atau setelah sarapan. Lakukan rutin 1 hari 1 halaman saja. Nggak perlu sekali baca satu bab atau 10 halaman. Bagi yang belum biasa memang awalnya bisa dipaksakan, tapi apakah bisa berjalan rutin di hari-hari berikutnya?

Masih banyak contoh lain di buku ini tentang gimana cara membangun kebiasaan baru yang positip. Tentang kebiasaan menjaga kesehatan, menulis, olahraga sampai membaca buku. Disertai cara-caranya dengan rinci dan semuanya sudah dipraktekkan penulisnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s