Mudahnya Memperpanjang Masa Berlaku SIM A dan C

Tanggal 9 Maret 2020 lalu saya mengurus perpanjangn SIM A dan C di SATPAS  (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) Polresta Pontianak. Sebelum ke sana saya lengkapi dulu persyaratannya. Bawa Surat Keterangan Dokter (SKD), SIM asli dan foto copy KTP.

Ada dua SKD yang saya dapatkan karena saya memperpanjang dua SIM. Satu SKD untuk perpanjang SIM A dan satu SKD untuk perpanjang SIM C.

Setelah dapatkan SKD di Puskesmas Purnama, saya datang ke Polresta Pontianak. Saya kira proses perpanjangan SIM masih di Polresta.

Petugas di sana menjelaskan bahwa pembuatan dan perpanjangan SIM sudah sekitar dua bulan di SATPAS di jalan Martadinata, dekat SPBU. Bergegas saya menuju ke SATPAS. Sampai di lokasi saya baca pengumuman prosedur perpanjangan SIM.

Setelah itu saya ke loket pendaftaran. Menyerahkan berkas persyaratan dan oleh petugasnya diberikan formulir isian. Karena ada dua SIM yang harus diperpanjang, maka formulir isiannya juga dua. Di loket itu juga saya membayar biayanya. Untuk perpanjangan SIM A 80 ribu dan SIM C 75 ribu.

Kemudian saya diminta menyerahkan ke petugas di loket 1. Saya masuk ke dalam SATPAS. Menyerahkan berkas dan bukti pembayaran ke petugasnya. Setelah itu saya diberikan nomor antrian. Siang itu hanya ada 4 orang termasuk saya yang antri.

Setelah berkas persyaratan dicek oleh petugas, saya  diberi bukti pengecekan berkas dan diminta antri foto di loket 5. Letaknya di bagian belakang kantor. Di tempat itu ada 4 orang yang antri untuk foto. Saya serahkan  bukti pengecekan dan memilih menunggu di luar ruangan. Setelah nama saya dipanggil saya masuk ke ruang foto.

Selesai foto saya menunggu di luar ruangan di tempat yang sama karena tempat pengambilan SIM di depan ruang foto. Saya serahkan bukti sudah foto ke petugasnya. Nggak sampai 15 menit saya dipanggil. Petugasnya menyerahkan SIM A dan C yang baru.

Saya hitung-hitung, waktu mulai serahkan berkas sampai SIM perpanjangan selesai, hanya sekitar 20 menit. Mudah dan cepat. Bisa jadi karena saya datang siang hari dan pengantrinya nggak ramai. Juga karena petugasnya cekatan dan profesional dalam melayani.

2 pemikiran pada “Mudahnya Memperpanjang Masa Berlaku SIM A dan C

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s