Satu Pintu Tertutup, Pintu Lain Terbuka

Imbas pandemi Covid-19 terjadi juga di tempat kerja saya. Meski kegiatan operasional tetap berjalan, namun selama setahun ini tidak ada lagi training, sosialisasi secara tatap muka. Bahkan rapat bulanan pun yang biasanya rutin diadakan di Pontianak ditiadakan.

Untungnya di camp ada sinyal internet. Hanya satu operator dan saat ini sudah diupgrade menjadi 4G. Akses internet 4G ini yang jadi penyelamat ketika rapat, training dan sosialisasi tatap muka tidak bisa dilakukan. Sejak pandemi, agenda tersebut secara daring yang diadakan Kementerian LHK, Asosiasi, Lembaga Sertifikasi justru makin sering.

Setiap ada peraturan baru dari Kementerian, sering diadakan sosialisasi menggunakan aplikasi zoom meeting. Frekuensinya bisa 2 kali sebulan. Dulu, untuk mengikuti sosialisasi harus terbang ke Palangkaraya atau perjalanan darat ke Pontianak. Perlu dana untuk akomodasi, tiket pesawat dan konsumsi. Pesertanya pun dibatasi. Sekarang cukup duduk di ruang meeting kantor dan menyimak presentasi dari nara sumber. Peserta bisa lebih banyak. Bahkan sertifikat mengikuti sosialisasi dikirimkan via email. Semua serba simpel.

Satu hal yang menjadi kunci. Kelancaran akses internet. Pernah kami mengikuti sosialisasi tidak sampai selesai karena gangguan sinyal internet. Jadwal acaranya dari jam 9 – 12 WIB. Jam 11 koneksi internet mengalami gangguan. Terputus dari zoom meeting dan belum bisa join lagi.

Staf HRD sudah berusaha mencoba beberapa kali supaya koneksi internet tersambung, namun belum berhasil. Akhirnya kami putuskan nggak mengikuti sampai selesai. Jika sinyal internet lancar, selain mengikuti di ruang rapat pakai laptop, beberapa teman juga mengikuti di tempat kerja masing-masing pakai ponsel. Lebih fleksibel.

Setiap kondisi yang terjadi pasti ada hikmahnya. Demikian juga pandemi covid-19 ini. Ketika pintu-pintu pertemuan tatap muka tertutup, di saat yang sama terbuka lebar pintu-pintu pertemuan secara remote atau daring.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s