Kena Kolesterol Tinggi

Meski saya punya badan kurus, tinggal di tengah hutan dan sering olahraga, nggak jaminan nggak kena kolestrol tinggi.

Saya pikir orang yang punya kolesterol tinggi hanyalah orang yang gemuk. Ternyata tidak seperti itu. Gemuk atau kurus, tetap punya kemungkinan koleterolnya tinggi

Niat periksa darah berawal dari pusing dan kepala yang terasa berat. Sebelumnya jarang saya kena sakit kepala. Biasanya hanya masuk angin atau flu.

Karena sakit kepala ini agak aneh besoknya langsung periksa darah ke lab. Dan bukan beli obat penghilang rasa sakit.

Rencananya setelah antar anak ke sekolah, jam 7 langsung periksake lab. Rupanya tempat itu jam 6 pagi sudah buka. Saya bilang ke petugasnya kalau mau cek gula darah, kolesterol totalk, LDL, HDL, trigliserida dan asam urat.

Setelah membayar kemudian disuruh tuggu panggilan. Nggak lama proses oengambilan darah pun dimulai. Petugas menyuntikkan jarum di lengan kiri dan ditaruh dalam tabung. Terus dia bilang kalau hasilnya jam 1 sudah bias diambil.

Waktu enam jam menunggu hasil periksa darah terasa lama. Penasaran sekali kalau-kalau rasa pusing itu gara-gara kolestrolnya tinggi. Ini seperti yang dialami istri.

Dua tahun lalu dia juga mengalami gejala yang sama. Kepala pusing dan terasa berat. Setelah cek darah ternyata kadar kolesterol totalnya 244. Ini termasuk tinggi, karena nilai rujukannya adalah jika dibawah 200.

Terus gimana dengan hasil periksa darah saya? Buru-buru pengin lihat hasilnya, amplop warna putih dan kuning yang saya terima dari petugas lab langsung saya buka.

Ternyata benar. Kolesterol total saya juga tinggi, 241. LDLnya atau istilah umumnya lemak jahat juga diatas standar. Sementara kadar gula darah,HDL, trigliserida dan asam urat masih normal.

Setelah tahu kalau kadar kolesterol tinggi, ada rasa khawatir kena stroke atau serangan jantung. Saat itu yang terlintas dalam pikiran adalah gimana caranya angka kolesterol nggak makin bertambah. Harus bisa turun dan nggak bikin sakit kepala lagi.

Caranya? Silakan disimak di postingan berikutnya.

8 pemikiran pada “Kena Kolesterol Tinggi

    1. benar, mbak, penyebab utama adalah makanan yg berlebihan😦. setelah mengubah pola makan, 2-3 bulan lagi rencananya mau periksa untuk tahu sudah turun atau belum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s